5 Khasiat dan Manfaat Terbaik Rambutan Saat Ini



Pohon rambutan tergolong jenis tumbuhan tropis yang memerlukan iklim lembab dengan curah hujan tahunan paling sedikit 2.000 mm. Rambutan merupakan tanaman dataran rendah yang tumbuh pada ketinggian 300-600 m diatas permukaan laut.


Umumnya, pohon rambutan berbunga diakhir musim kemarau  dan mulai berbuah pada musim hujan, sekitar bulan November hingga Februari. Ada banyak jenis rambutan, diantaranya rapiah, simacan, sinyonya, lebak bulus, dan binjai.

 

Kandungan & Senyawa Kimia

Buah rambutan mengandung karbohidrat, lemak, protein, fosfor, besi, kalsium dan Vitamin C. kulit buah dan daunnya mengandung tannin dan saponin, sementara bijinya mengandung lemak dan polifenol. Kulit batang rambutan mengandung tannin, saponin, flavonoida, peptic substances dan zat besi.

 

Khasiat

Kulit buah rambutan bisa digunakan untuk mengatasi disentri dan keluhan demam. Bijinya dapat dipakai mengobati kencing manis (diabetes mellitus). Kulit kayunya bermanfaat meredakan sariawan. Daun rambutan berkhasiat menyembuhkan diare dan menghitamkan rambut. Sedangkan akarnya dipakai untuk menurunkan demam.

 

5 Ramuan dari kulit Kayu dan buah, biji, daun Rambutan

 

1. Ramuan Obat Disentri Cari kulit buah rambutan kurang lebih 10 buah, potong-potong seperlunya. Jangan lupa tambahkan 3 gelas air bersih, lalu rebus hingga air tersisa separuhnya. Setelah dingin saring dan minum sehari 2 kali, masing-masing ¼ gelas.

2. Ramuan Untuk Menurunkan Demam Gunakan 15 gram kulit buah rambutan kering  yang telah dicuci hingga bersih, tambahkan 3 gelas air, lalu direbus sampai benar-benar mendidih selama lebih kurang 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum 3 kali sehari, masing-masing 1/3 bagian.


3. Ramuan Untuk Menghitamkan Rambut Beruban Cuci daun rambutan secukupnya, lalu ditumbuk hingga halus. Jangan lupa tambahkan sedikit air sembari diaduk merata sampai berbentuk adonan seperti bubur, peras dan saring dengan sepotong kain bersih. Gunakan air hasil perasan yang terkumpul untuk membasahi rambut dan kulit kepala. Lakukan  setiap hari sampai terlihat hasilnya.


4. Ramuan Untuk Mengobati Kencing Manis Goreng tanpa minya 5 biji rambutan, lalu giling hingga menjadi serbuk. Seduh dengan 1 cangkir air panas. Setelah dingin, minum airnya sekaligus. Lakukan hal ini 1-2 kali sehari.


5. Ramuan Untuk Meredakan Sariawan Gunakan 3 ruas jari kulit kayu rambutan yang sudah di cuci sebelumnya, lalu rebus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Gunakan untuk berkumur saat masih hangat.




Sumber : Obatnaturals

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.