Mbok Tunasi "Matursuwun" Buatkan Jamban Oleh TNI Di Program TMMD



KENDAL - Jambanisasi merupakan salah satu sasaran fisik dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-100 Kodim 0715/Kendal. Program jambanisasi  dari TMMD Reguler ke-100 di Desa Jungsemi berjumlah 10 unit. Salah satunya Mbok Tunasi Rt 5 Rw 1 Desa Jungsemi penerima jambanisasi, Ibu Tunasi mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Satgas TMMD yang dulu tidak punya jamban sekarang sudah punya.

Adapun tujuan jambanisasi di program TMMD yaitu untuk  mengurangi kecenderungan masyarakat yang buang hajat dipinggir sungai dan membiasakan masyarakat untuk hidup sehat", jelas Pasiter Kapten Inf Subkhan.

Program jambanisasi tersebut, lebih difokuskan pada keluarga tidak mampu, dan warga yang  belum memiliki sama sekali tempat pembuangan tinja. Support tenaga, sangat mendukung pada pelaksanaan program jambanisasi ini, tanpa peran masyarakat, mungkin sulit bisa selesai tepat waktu, karena waktu pengerjaannya dibatasi waktu 30 hari.  Adapun penyebab dari banyaknya warga Desa Jungsemi yang belum memiliki jamban disebabkan karena kemampuan ekonomi masyarakat yang masih rendah. Semoga  dengan adanya program jambanisasi dari TMMD  diharapkan jumlah KK yang belum memiliki jamban akan berkurang.

"Program ini, lebih mengarah pada pola hidup sehat dan lingkungan yang bersih, dan program ini diperuntukkan kepada warga yang kurang mampu, serta untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari buang air besar sembarangan," ungkap Kapten Inf Subkhan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.