Musim Kemarau Air Sumur Susut



Kendal – Desa Jungsemi memiliki sejarah yang kental dengan petilasan makam Kemangi Desa tersebut di sebelah utara Desa Karangmalang Kecamatan Kangkung. Potensi yang ada di desa tersebut sawah dan tambak , biasanya saat musim kemarau sawah ditanami palawijo seperti Jagung Hibrida , Semangka dan Tembakau.

Ngasiran (60) warga Dukuh Srandu Rt 02 Rw 01 menjelaskan kepada Serda Norman selaku Babinsa Desa Jungsemi bahwasanya tanaman palawija pada saat musim kemarau buahnya  kurang maksimal karena faktor alam atau minimnya air. Sumur tentunya menjadi salah satu sarana vital yang sangat penting keberadaannya sebagai sumber mata air untuk tanaman yang berada dilahan pertanian tersebut," pungkasnya.

Ditempat terpisah , ketersediaan air sangat penting untuk aktifitas lahan pertanian terutama jika tanaman yang ditanam merupakan tanaman pangan , buah atau sayuran yang sangat membutuhkan air. Jika air tidak tersedia atau tersedia tetapi sangat kurang jumlahnya maka pertumbuhan dan perkembangan tanaman bisa terganggu kata Suyatno (48) warga Dukuh Srandu Rt 03 Rw 01.

Pra TMMD mendekati hari pelaksanaannya pada 27 September 2017. Sasaran fisik seperti pengecoran jalan masih berlanjut walaupun pasokan air semakin susut. Babinsa Desa Jungsemi Serda A. Norman dibantu warga menggali sumur untuk kebutuhan pengecoran. Begitu juga dengan Satgas Pra TMMD jajaran Kodim 0715/Kendal antusias tanpa mengenal haus dan lelah.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.