Sebelum Program TMMD Ke-100 Dibuka Dandim Kendal Sempatkan Ziarah


Kendal - Setelah selesai kunjungannya di lokasi rencana pembukaan TMMD Reguler ke-100 Kodim 0715/Kendal di Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung,  dengan didampingi beberapa Perwira Staf Kodim 0715/Kendal dan Kepala Desa Jungsemi, Dandim 0715 /Kendal Letkol Czi Hendro Edi Busono menyempatkan diri   berziarah ke Makam Desa setempat yang berada  di Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal, Selasa (19/9).
Pada kesempatan kunjungannya ke lokasi rencana pembukaan  TMMD ke-100 tersebut Dandim Kendal menggunakan waktunya untuk berziarah dan sekaligus wisata religi. Memang tradisi berziarah ke makam tidak dapat dipisahkan oleh masyarakat Jawa khususnya. Bagi sebagian orang, berziarah kubur menjadi semacam kewajiban yang bila ditinggalkan akan terasa ada yang kurang.
�Dari keterangan yang pernah saya baca, berziarah ke kubur memang masa awal-awal Islam dilarang oleh Rasululah SAW. Dikarenakan kondisi sosiologis masyarakat Arab, pola pikir masyarakat yang masih didominasi dengan kemusyrikan dan juga tingkat keislaman mereka yang masih lemah. Oleh karena itu, Rasulullah mengkhawatirkan terjadinya kesalahpahaman ketika mereka berziarah kubur baik dalam berperilaku maupun berdo'a," jelas Kapten Jatmiko.

Seiring dengan perkembangan jaman, maka pola pikir dan tingkat keislaman seseorang semakin bertambah, maka berziarah kubur diperbolehkan. Seperti halnya Rasulullah SAW yang pernah berziarah ke makam Ibundanya. Berziarah kubur memiliki faedah untuk mengingatkan kita akan kematian dan akhirat,� lanjutnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.