Tak Ketinggalan, Kentongan Dalam TMMD 2017



Kendal - Pelestarian budaya bangsa adalah adalah tanggung jawab bersama, budaya juga bisa menunjukan indentitas dari suatu bangsa, oleh karenanya TNI selalu ikut aktif dalam perlestarian budaya bangsa, itu pula yang terlihat dalam TMMD ke 100 tahun 2017 di Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal.

Demi menjaga dan melestarikan budaya dan warisan bangsa khususnya kentongan maka pada pembukaan TMMD ke 100 akan dimulai dengan pemukulan kentongan secara simbolis. Untuk itu kentongan harus disiapkan agar penampilannya tampak indah pada saat pembukaan nanti. Menyikapi hal itu Serma Kamsani  Batilog Kodim Kendal mengecet ulang kentongan dan mendadani agar terlihat cantik saat ditampilkan.

Ketongan adalah warisan budaya bangsa yang sudah ada sejak zaman dahulu kala sebagai alat untuk mengumpulkan masyarakat dalam berbagai kegiatan seperti kerja bhakti, gotong royong atau tanda bagi warga bila terjadi kebakaran, pecurian, juga digunakan pada saat ronda serta ketongan dapat pula dijadikan alat musik. Namun pada era modern ketongan perlahan-lahan sudah mulai ditinggalkan oleh masyrakat dan beralih ke alat yang lebih modern, karenanya melalui TMMD kita diingatkan dan diajak untuk mencintai budaya bangsa warisan leluhur kita.

Pemukulan kentongan pada pembukaan TMMD  ke100 menandakan dimulainya semua pekerjaan, mengajak dan mengumpulkan seluruh warga masyarakat bersama-sama  dengan  anggota TNI untuk bergotong-royong  membangun bangsa ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.