Tari Gambyong Jadi Pembuka TMMD



KENDAL - Pembukaan TMMD Reg ke 100 Kodim 0715/Kendal tinggal menunggu waktu saja. Persiapan-persiapan telah dilaksanakan, baik itu persiapan tempat dan prasaranya juga persiapan pendukungnya. Selasa (26/9).

Pasipers Kodim 0715/Kendal Kapten Inf Cahyono mengatakan dalam pembukaan TMMD ini akan dibuat semeriah mungkin.

"Ini bertujuan untuk mengangkat nama daerah ini Jungsemi sebagai tempat dilaksanakanya TMMD Reg ke 100. (26/09).

Di antara rangkaian kegiatan yang nantinya mengisi acara pembukaan ini adalah suatu seni tari yaitu tari gambyong. Tari gambyong adalah seni tari asli dari Jawa Tengah yang merupakan tari penyambutan tamu. Nama dari tarian ini diberikan sebagaimana nama penciptanya yakni seorang seniman kelahiran Surakarta yang memiliki nama "Mas Ajeng Gambyong/M.A Gambyong", yakni salah satu penari wanita dan kerap pula disebut sebagai Waranggana/ledhek oleh masyarakat jawa pada kisaran tahun 1500.

Dalam kesempatan ini tari gambyong nantinya akan dibawakan oleh siswi-siswi SMAN 2 Kendal, yang menurut pembibingnya Ibu Susi mengatakan anak-anak sangat antusias dan bangga turut dilibatkan dalam kegiatan pembukaan TMMD ini merupakan "Suatu kehormatan bagi kami dan bagi siswi yang terlibat akan menambah pengalaman," ungkap Susi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.