Tari Gambyong Mengawali Pembukaan TMMD Reguler Ke-100 Kodim 0715/Kendal



Kendal - Turut memeriahkan sebelum upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-100 tahun 2017 Kodim 0715/Kendal di lapangan sepak bola Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal, yaitu Tari Gambyong tampil mengawali sebelum acara pembukaan TMMD Reguler ke-100 Kodim Kendal yang dimainkan dari sanggar tari binaan SMA N 2 Kendal. Rabu (27/9).

Tari Gambyong yang dimainkan oleh seniwati-seniwati di Desa Jungsemi mampu memberikan hiburan pada seluruh peserta upacara yang terdiri dari pasukan anggota TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas), masyarakat serta tamu undangan meliputi Asisten Pemerintahan dan Kesra Propinsi Jawa Tengah, Bupati Kendal, Ketua DPRD Propinsi, Ketua DPRD Kabupaten Kendal, serta kepala dinas jajaran Pemerintah Kabupaten Kendal.

Tari Gambyong dimainkan oleh 5 seniwati tari, para penari Gambyong terlebih dahulu menyempatkan untuk menyambut kedatangan Asisten Pemerintahan dan Kesra Propisi Jawa Tengah Bapak Eddy Djoko Pramono SH.MH.MP ketika hendak bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup) dalam pembukaan TMMD Reguler ke-100 Kodim Kendal.

Tari gambyong sengaja dihadirkan berikut ditampilkan sebagai upaya melestarikan budaya kesenian tradisional. Tari gambyong yang dimainkan dengan gerakan-gerakan lemah lembut dan gemulai diiringi dengan musik gamelan yang mendayu serta beraturan, mampu mengundang decak kagum seluruh masyarakat.

Tari gambyong kesenian tari tradisional seperti tari yang lain. Visi kami adalah melastarikan dan mempertahankan kesenian adiluhung, yang merupakan kesenian warisan bangsa atau daerah sendiri. Harapannya tentu instansi terkait dapat lebih memberikan perhatian maupun pembinaan terhadap kesenian ini, guna meningkatkan kualitas berkesenian masyarakat setempat," terang Dansatgas TMMD Letkol Czi Hendro Edi Busono.

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.