Ziarah Dandim Kendal Kemakam Di Lokasi TMMD


Kendal - Komandan Kodim 0715/Kendal, Letkol Czi Hendro Edi Busono beserta jajarannya berziarah ke makam Kasultanan Trenggono atau lebih dikenal dengan Kemangi, Selasa (19/09) pagi. Sebelum berziarah, rombongan Dandim Kendal terlebih dahulu melihat lokasi Pra TMMD di Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung.
Dilokasi makam terdapat pohon Kemangi yang sangat dikenal oleh masyarakat. Pohon ini memiliki ciri yaitu berdaun lebat dan rimbun. Atas keindahan dan kerindangannya pohon Kemangi sejarah mengatakan Sunan Katong terpana melihatnya. Kyai Kasturi yang merupakan juru kunci makam Kemangi menuturkan, dahulu sebelum menjadi kuburan daerah itu memiliki nilai sejarah yang kental dengan serangan Sultan Agung ke Batavia dan dulunya tempat tersebut merupakan lokasi pertemuan antar tokoh-tokoh untuk mengatur strategi penyerangan ke Batavia, yang menjadi Panglima perangnya adalah Tumenggung Bahurekso. Demikian sekelumit cerita dari Kyai Kasturi juru kunci makam.

"Tujuan kami berziarah, sebagai bentuk penghargaan dari jajaran Kodim 0715/Kendal kepada pendiri Kota Kendal. Tentunya kami harus mendoakan kepada beliau yang telah memperjuangkan agama Islam dan keberadaan Kabupaten Kendal yang mendapat julukan Kota Santri ini. Kedatangan kami juga untuk kulo nuwun karena akan ada hajatan yang besar yaitu TMMD," kata Dandim.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.