Anggota Satgas TMMD Mengambil Hikmah Makna Haul


KENDAL - Dari beberapa perwakilan personil dari Satgas TMMD yang hadir mengambil hikmah makna haul KH. Abdul Majid bertepatan dengan 21 Muharram 1439 H, banyak makam tokoh agama disambangi terkadang sampai ribuan peziarah (sebutan untuk orang yang berkunjung ke sebuah makam) dari berbagai daerah.

Mereka hadir untuk mengikuti acara haul KH. Abdul Majid merupakan seorang tokoh ulama yang berasal dari Desa Jungsemi.

Penulis berpikir, apa gerangan yang menyebabkan mereka rela datang dari jauh meninggalkan rumah , hanya untuk berpanas-panasan, berdesak-desakan. Sebagai catatan, berdasarkan penuturan dari salah satu panitia, para peziarah sebagian besar justru datang dari luar daerah.

Mereka tak pernah diberi undangan, tapi dengan setia selalu hadir setiap tahun. Ini tentu sebuah hal yang patut untuk dikaji, bukan hanya dari sisi faktor yang menggerakkan para jemaah untuk hadir di acara tersebut, melainkan juga berbagai dampak positif bagi tempat yang menyelenggarakan peringatan haul .

Meski demikian, banyak pula yang berpendapat, bahwa peringatan haul ini tidak hanya sekadar penting untuk dimasukkan ke dalam agenda wisata kota. Tidak pula sekadar hitungan angka-angka ekonomi atau seremonial belaka, akan tetapi lebih dari itu, peringatan haul ini memiliki segudang makna.

Sedangkan hikmah yang dapat diambil pengingat akan mati, dibacakan Manaqib, dapat sebagai pemersatu kaum.

Moment ini sangat cocok sekali  dengan semangat kebersamaan TNI TMMD Reguler ke-100 dan rakyatnya yang sedang dilaksanakan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.