Bersih-Bersih Irigasi Oleh Satgas TMMD Dan Masyarakat


KENDAL - Masyarakat Dusun Srandu, Desa Jungsemi melakukan pembersihan saluran irigasi di Desa mereka dengan dibantu anggota Satgas TMMD Reguler Ke-100 dan perwakilan Koramil sejajaran Kodim 0715/Kendal dibawah kendali Batuud Koramil 05/Cepiring, Serma Riyanto, Selasa (10/10).

Pembersihan irigasi juga diikuti langsung Kepala Desa Jungsemi Dasuki. Adapun sasaran pembersihan sepanjang 500 meter dan lebar 1 meter. Dalam kegiatan karya bhakti itu, masyarakat dan TNI terlihat bergotong-royong membersihkan rumput maupun wallet yang banyak menyumbat saluran irigasi.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak-bapak TNI yang sudah peduli terhadap masyarakat Desa Jungsemi khususnya Dusun Srandu dalam sektor pertanian,"kata Kades Dasuki. Apa yang dilakukan oleh jajaran TNI khususnya Satgas TMMD menurutnya sangat bermanfaat, sebab keberadaan saluran irigasi berfungsi vital untuk mendukung terhadap kesuksesan ketahanan dan swasembada pangan di wilayah Desa Jungsemi pada khususnya.

Sedangkan Serma Riyanto mengatakan jumlah personil yang menggelar karya bhakti ditambah masyarakat adalah 75 orang.

"Kegiatan yang kami gelar ini dalam rangka mendukung upaya khusus (upsus) pertanian,"katanya. Diharapkan dengan saluran irigasi yang lancar, maka hasil panen petani di wilayah Caturharjo juga bisa meningkat.

"Kami yang tergabung Satgas TMMD selain karya bhakti juga mendampingi petani melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) di wilayah masing-masing dimana Babinsa ini sudah mengikuti pelatihan intensifikasi tanaman padi, jagung, kedelai (pajale) dan penggunaan alat mesin pertanian (alsintan). Babinsa juga sudah mengikuti sekolah lapang pertanian terpadu,"katanya. Dalam melaksanakan tugasnya, para Babinsa berdampingan dengan anggota PPL setempat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.