DAMPAK BAGI PETANI BERKAT TMMD



KENDAL - Jalan setapak di tengah sawah yang menghubungkan Desa Jungsemi sampai lokasi laut Kecamatan Kangkung kini berubah wajah. Tak ada lagi rumput dan tanah di sepanjang jalan 1.550 meter itu. Wajahnya berganti menjadi jalan keras selebar 3 meter yang lurus mengikuti postur tanah. Ya, jalan setapak di tengah sawah itu sudah berubah total setelah di garap secara gotong-royong oleh warga bersama anggota TNI dan instansi terkait dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-100 tahun 2017 Kodim Kendal.

Impian warga selama bertahun-tahun agar jalan setapak itu kini sudah terwujud. Tak ada lagi kesulitan bagi warga setempat untuk mengusung hasil bumi menuju Pasar seperti yang dialami dulu. Sebab, kendaraan roda empat dan roda dua kini bisa leluasa melintas dan mendekati sawah maupun ladang untuk mengangkut hasil panen menuju pasar.

Purwanto (50), Petani asal Desa Jungsemi menyatakan sangat senang dengan adanya TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dapat membantu kelancaran kegiatan Petani untuk menjual hasil panenya ke Pasar.

Dengan dibangunnya jalan baru oleh TNI, kini ongkos produksi pertanian menjadi lebih irit dengan adanya pemangkasan biaya angkut. "Sekarang tidak perlu memutar lagi, potong kompas. Otomatis lebih irit. Mobilitas ke Pasar juga lebih mudah. Mayoritas petani di sini menjual hasil bumi ke Pasar," ujar Purwanto.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.