Hasil TMMD Harus Dipelihara


KENDAL - Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-100 Kodim 0715/Kendal di Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung secara resmi telah dibuka satu minggu yang lalu. Hasilnya sudah kelihatan, dan besuk kalau sudah jadi harus dijaga dan dipelihara oleh masyarakat. Hal itu ditegaskan Tokoh masyarakat Bapak Hartono dan Prayitno tokoh pemuda sore hari seusai pekerjaan pengecoran selesai.

Menurut Bapak Hartono, selama pelaksanaan TMMD telah banyak dukungan moril maupun materil demi pelaksanaan yang berjalan sukses. Dukungan tersebut datang dari pemerintah daerah, TNI, Polri, Perbankan, swasta, hingga individu dan pihak lainnya. Hal ini karena mereka menginginkan desa yang dijadikan sebagai lokasi TMMD bisa maju dan berkembang seperti desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Kendal.

Untuk kegiatan fisik yang telah dikerjakan, Hartono menambahkan, masyarakat setempat diharapkan bisa untuk sama-sama menjaga dan memeliharanya sehingga bisa berdaya guna dan bermanfaat kepada masyarakat lebih lama. Selain itu perilaku kurang baik juga harus bisa ditinggalkan dan dirubah kepada perilaku yang lebih baik lagi.

"Selama ini banyak perilaku masyarakat yang kurang sadar terhadap keberadaan lingkungannya. Mereka banyak menggunakan jalan lain yang sudah dibeton dengan muatan melebihi tonase sehinggga dapat  memperpendek umur beton jalan tersebut. untuk itu diharapkan budaya seperti itu bisa diubah," tegas Hartono.

Sementara untuk kegiatan non fisik diharapkan ada dampak positif  yang bisa dirasakan karena masyarakat telah mengikuti proses penyuluhan-penyuluhan yang telah diselenggarakan. "Penyuluhan yang telah dilaksanakan seperti Wasbang,Bela Negara,Kamtibmas,Narkoba dan Kesehatan akan semakin meningkatkan wawasan dan pengetahuan untuk dilaksanakan dalam kehidupan Sehari-hari. Mudah-mudahan ilmu yang didapat juga bisa meningkatkan kesejahteraan keluarganya," harapnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.