Komsos Bagian Pembinaan Teritorial


KENDAL - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-100 Kodim 0715/Kendal di mulai  tanggal (27/09) sampai dengan (26/10) melaksanakan kegiatan kegiatan fisik dan non fisik, bagian  dari non fisik adalah Komsos. Komunikasi sosial adalah menjadi bagian dari pembinaan teritorial atau Binter yang harus dilaksanakan setiap prajurit di satuan kewilayahan. Komsos dilakukan dengan melaksanakan komunikasi terhadap komponen masyarakat mulai dari pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan elemen-elemen masyarakat lainnya,  hal ini tidak terlepas dari doktrin pertahanan yang dianut negara kita adalah Sishanta atau sistem pertahanan semesta dimana didalamnya melibatkan TNI sebagai komponen inti/utama, 

Kemudian ada komponen cadangan yaitu sumber daya masyarakat (SDM) yang dimiliki Bangsa Indonesia yaitu seluruh komponen masyarakat. Satu lagi komponen lainnya yaitu komponen pendukung yang meliputi sumber daya alam (SDA) dan daya buatan (SDB) seperti tersedianya berbagai infrastruktur pembangunan.

Komunikasi sosial adalah suatu kiat untuk bagaimana mendekatkan diri dengan rakyat, dikenal oleh rakyat, benar-benar bisa mencintai dan dicintai oleh rakyat khususnya di wilayah.

Kegiatan Komsos ini "Sebagai wahana silaturahmi untuk saling bertukar pikiran, memberi, mengisi serta meningkatkan peran Binter, sehingga keberadaan insan teritorial memberikan makna yang positif tersendiri di lingkungan masyarakat sekelilingnya dan untuk meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat"  seperti yang  dikatakan Serda Mathius  anggota Koramil 05/Cepiring saat melaksanakan tugas di lokasi TMMD dengan salah seorang  warga  yang  sedang mengupas  jagung miliknya  dengan memakai alat tradisional memakai mesin  penyedot air buatan sendiri.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.