Penghayatan, Pengamalan Pancasila Dalam Kegiatan Bela Negara Dan Kesadaran Hukum



KENDAL - Pendidikan pendahuluan Bela Negara merupakan pendidikan yang harus ditanamkan sejak dini, oleh karena pembelaan Negara merupakan syarat yang paling penting. Berkenaan dengan hal tersebut, maka TP PKK Kecamatan Kangkung  melaksanakan berbagai kegiatan  yang berkaitan dengan PPBN, di Balai Desa Karang Malang dalam rangkaian kegiatan tmmd Reguler ke- 100 Kodim 0715/Kendal. Senin (09/10).

Untuk lebih memahami tentang Pendidikan Pendahuluan Bela Negara, maka telah mengikuti Sosialisasi tentang Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Nasional di Tingkat Kabupaten Kendal yang ditindaklanjuti dengan mengadakan penyuluhan wawasan kebangsaan pada pertemuan rutin yang diikuti oleh Kader PKK Desa Karang Malang bekerjasama dengan instansi terkait seperti Bagian Hukum Pemerintah Kabupaten kendal dan Polsek Kangkung mengadakan penyuluhan tentang sadar hukum bagi anggota PKK di Desa-desa se wilayah Kecamatan Kangkung. Dalam upaya membantu menangani Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Desa-desa telah di bentuk Pos Pembantu Pelayanan Biro Konsultasi Hukum  yang membantu melayani masyarakat yang mengalami masalah tindak pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Diharapkan dengan adanya pos KDRT di tingkat desa akan dapat memberikan rasa aman dan nyaman warga masyarakat Desa Karang Malang perempuan dan anak. Penyuluhan KDRT ini selain berada di tingkat desa juga di anjurkan untuk dilaksanakan sampai pada tingkatan dasa wisma.

Memberikan motivasi dan pembentukan kelompok simulasi Kadarkum di setiap Desa, dengan memberikan pemahaman hukum pada masyarakat melalui simulasi akan lebih mempermudah kader PKK atau masyarakat Desa Karang Malang untuk mengerti dan memahami permasalahan dibidang hukum atau yang lainnya. Selain itu juga dapat meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme sebagai warga negara Indonesia. Sampai saat ini jumlah Kelompok Simulasi PPBN ada 18 dan kelompok simulasi Kadar hukum sebanyak 18.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.