Peran Babinsa Sangat Penting Untuk Menunjang Program TMMD



KENDAL - Peran Bintara Pembina Desa atau biasa dipanggil Babinsa dalam TMMD Reguler ke-100 TA. 2017 Kodim 0715/Kendal sangatlah penting karena Babinsa adalah ujung tombak satuan teritorial melalui tekhnik Komsos dan penguasaan wilayah Babinsa tahu betul tempat-tempat mana saja yang menjadi sentral titik pemerataan pembangunan pedesaan.

TMMD dulu lebih yang dikenal dengan nama AMD (ABRI Masuk Desa), program yang sudah lama dicanangkan oleh pemerintah, kususnya TNI, itu merupakan kebijaksanaan pemerintah dalam rangka memeratakan pembangunan di pedesaan, terutama di daerah-daerah yang masih tertinggal.

TMMD ini sebenarnya bukan hanya semata-mata untuk membantu pemerataan pembangunan di pedesaan, akan tetapi juga berfungsi untuk menjalin kerjasama yang baik antara TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat, dengan cara seperti ini akan terlihat bahwa TNI dan masyarakat begitu dekat, bahkan mereka menunjukkan bahwa TNI tidak hanya hebat di medan perang saja, akan tetapi TNI juga bisa bekerja sama dengan masyarakat membangun dan memajukan daerah-daerah yang masih terpencil.

TMMD merupakan program yang sangat positif, program yang patut untuk dipertahankan, maka melalui TMMD masyarakat bersama aparat kewilayahan terendah (Babinsa) serta perangkat desa, berupaya mendefinisikan apa yang diperlukan untuk segera diadakan demi kelancaran pembangunan yang dapat mensejahterakan masyarakat setempat secara menyeluruh. Dalam konteks disini, Babinsa memiliki peran sangat penting dalam rangka mewadahi aspirasi warga masyarakatnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.