Satgas TMMD Ke-100 Kodim Kendal Gelar Wasbang Bela Negara


KENDAL - Satgas TMMD Reguler ke-100 Kodim 0715/Kendal, Danramil 10/Pagerruyung Kapten Inf Sutejo, memberi materi penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan di Balai Desa Karang Malang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal.

Satgas TMMD Reguler ke-100 Kodim 0715/Kendal kembali menggelar kegiatan non fisik yaitu penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Balai Desa Karang Malang Kecamatan Kangkung. Senin (09/10).

Ditempat lain, Dansatgas  TMMD Reguler ke-100 Letkol Czi Hendro Edi Busono mengatakan, TMMD hadir tidak hanya melaksanakan pembangunan fisik namun juga melaksanakan pembangunan non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan maupun sosialisasi  di wilayah sasaran pelaksanaanTMMD.

"Masyarakat nantinya akan paham bagaimana kesadaran akan berbangsa dan bernegara sebagai warga negara yang baik dan mengerti serta faham akan falsafah hidup dari bangsa ini," tegas Letkol Czi Hendro Edi Busono kepada peserta  disela kegiatan.

Empat poin penting yang menjadi konsensus dasar bangsa ini yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, harus menjadi pandangan dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kata dia rasa kebangsaan tersebut perlu dipupuk oleh segenap Bangsa Indonesia karena Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahasa, ras, golongan serta agama. Pemberdayaan sumber daya alam (SDA) kedepannya harus dilakukan perbaikan guna terciptanya rasa keadilan sosial dalam perekonomian Indonesia.

"Sebagai warga negara kita harus konsisten menjaga budaya kearifan budaya lokal yang merupakan nilai-nilai luhur yamg menjadi titipan para pendahulu bangsa kita," ujarnya lagi.

Dia menambahkan Bangsa Indonesia semestinya bersyukur atas karunia berupa kekayaan SDA dan keragaman sosial budayanya.

"Kehidupan berbangsa ini indah jika kita saling memahami sehingga tercipta kedamaian dan keharmonisan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.