Sosialisasi Undang-Undang Penghapusan KDRT Di Balai Desa Karang Malang


KENDAL - Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal menyelenggarakan sosialisasi undang-undang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga bagi warga masyarakat Desa Karang Malang bertempat di Balai Desa Karang Malang dengan pemateri Pak Ahmadi. Senin (09/10).

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bapak Ahmadi, Kepala Desa Karang Malang (Pak Nur Fuad M. Sos), Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat serta Tokoh Perempuan dan warga Desa Karang Malang.

Ketua panitia pelaksana, Serka Suwandi dalam laporannya menjelaskan tentang tujuan kegiatan tersebut dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) guna menekan angka kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di wilayah Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal.

Dalam kegiatan itu disampaikan bahwa hak perempuan dan anak telah dilindungi oleh Negara, sehingga diharapkan agar setiap kasus KDRT yang terjadi di lingkungan masyarakat Desa Karang Malang untuk melaporkannya kepada pihak berwajib supaya diproses sesuai prosedur yang berlaku. Dalam sambutan  yang dibacakan Danramil 10/Pageruyung (Kapten Inf Sutejo) menyampaikan bahwa Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang penghapusan KDRT yang memuat tentang kekerasan dalam rumah tangga adalah pelanggaran hak asasi manusia dan kejahatan terhadap martabat.

Untuk itu Undang-Undang tersebut perlu disosialisasikan kepada masyarakat secara merata agar masyarakat dapat mengetahui hak dan kewajiban seseorang dalam rumah tangga. Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam menjaga keutuhan keluarga serta menghindari tindakan KDRT.

Sementara itu, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, mengatakan bahwa banyak kasus KDRT yang terjadi di wilayah Kecamatan Kangkung, namun sebagian besar kasusnya diselesaikan secara keluarga.

Karena tidak melaporkan kepada pihak berwajib dan kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kecamatan Kangkung menyebabkan pihaknya tidak bisa mendata total kasus KDRT yang berada di Desa Karang Malang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.