Tingkatkan Siskampling Melalui Penyuluhan Kamtibmas Di Desa Kangkung


KENDAL – Untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga Keamanan dan ketertiban, Polsek kangkung bersama Danramil 03/pegandon (kapten Inf Heri martono) melalui Satuan Binmas melaksanakan giat Penyuluhan Kamtibmas bertempat di Balai desa kangkung , Kanit  Binmas Polsek kangkung Bripka Rozikin Kanit Binmas Polsek Patebon, Bripka Robby mengambil materi tentang Siskamling ( Sistem Keamanan Lingkungan ), Bahaya Narkoba, Pencegahan Karhutla dan Bahaya ajaran paham radikalisme dan terorisme. Rabu (04/10).

Saat ini sistem keamanan lingkungan yang masih dipakai serta paling efisien adalah Posronda/Poskamling, merupakan Sistem Keamanan Lingkungan yang di mana masyarakat dapat berperan langsung dalam menciptakan ketertiban dan keamanan lingkungan.

Pos Ronda/Pos Kamling dapat menekan dan mengatasi kriminalitas di sebuah lingkungan dan setiap anggota masyarakat desa kangkung yang menempati lingkungan tersebut wajib menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan dengan menjalankan sistem piket yang di rotasi setiap minggunya,

"Ketertiban dan keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai Warga Negara, maka dari itu kita harus meningkatkan kesadaran kita akan kepedulian keamanan dan ketertiban lingkungan kita, selain dengan dengan meningkatkan kesadaran juga dengan melakukan tindakan langsung seperti mengikuti Sistem Keamanan Lingkungan yaitu Pos Ronda / Siskamling," ujar Rozikin.

Kades Pak Maskur peserta tersebut  dihadiri oleh Kepala Desa, Ketua Rt. 02, Ketua Rw 01 serta Karang Taruna Desa Kangkung Kecamatan Kangkung, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Masyarakat sekitar Poskamling, Penyuluahan Kamtibmas ini disambut baik oleh warga selain dapat menambah wawasan juga sebagai bentuk silatuhrahmi antara TNI serta polisi dengan Masyarakat, dan diharapkan kedepan kegiatan seperti ini dapat ditingkatkan sehingga terjadi koordinasi yang baik antara kades(pak maskur) , TNI, Bhabinkamtibmas dan Masyarakat dalam bidang kamtibmas. Polisi tidak akan dapat menciptakan situasi yang tertib dan aman dalam suatu lingkungan masyarakat tanpa adanya kemauan dan kesadaran dari masyarakat desa kangkung itu sendiri, akan pentingnya suasana yang aman dan tertib.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.