TMMD BERSIHKAN SALURAN IRIGASI BERSAMA WARGA


KENDAL - Dalam pelaksanaan TMMD Reguler ke-100 ada berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Satgas TMMD ada  kegiatan fisik dan non fisik.

Selaku Kades Pak Dasuki setiap hari selalu berkoordinasi terus dengan warga tak henti-hentinya mengajak  melaksanakan pembersihan saluran irigasi di titik 250 meter bersama masyarakat dalam rangka percepatan tanam di Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal.

Kegiatan ini digelar dalam rangka  lebih memantapkan keseriusan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dalam mendukung ketahanan pangan di wilayah Jungsemi Kecamatan Kangkung. Pembersihan irigasi ini dilaksanakan bersama masyarakat yang memiliki sawah di kawasan tersebut.

Disela-sela  pembersihan irigasi yang dilaksanakan di Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung, Kades Jungsemi menyampaikan, bahwa gagasan pelaksanaan pembersihan irigasi ini berawal dari keprihatinannya melihat saluran irigasi desa Jungsemi kangkung  yang banyak ditumbuhi enceng gondok yang tumbuh subur sehingga sangat mengganggu aliran air dalam irigasi itu. Padahal aliran irigasi ini sangat dibutuhkan oleh petani untuk mengairi sawah-sawahnya.

Selain itu, satgas TMMD juga mengatakan bahwa kegiatan karya bakti pembersihan saluran irigasi ini dilakukan agar lingkungan menjadi bersih, saluran air yang banyak di penuhi sampah dan tumbuhan air menjadi bersih dan lancar, menghindarkan wilayah ini ketika musim penghujan dari meluapnya air sungai yang tidak tertampung ke pemukiman maupun persawahan yang nantinya dapat mengganggu hasil pertanian.

"Kegiatan ini kami laksanakan atas kerjasama dengan satgas TMMD Reguler ke-100 Kodim 0715/Kendal dan kami juga mengundang seluruh warga masyarakat Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung untuk melaksanakan bersih-bersih. Pembersihan ini bertujuan  untuk memperlancar aliran air yang menuju ke sawah-sawah para petani," ungkapnya.

Dengan adanya kerja bakti ini, ia berharap setelah saluran irigasi lancar maka hasil pertanian  dapat meningkat untuk menuju Indonesia yang berswasembada pangan yang melimpah.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.