TMMD DAN MANFAATNYA


KENDAL - Tepat  akhir bulan September lalu, secara serentak diseluruh wilayah Jawa Tengah dan DIY,  program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-100 Kodim 0715/Kendal telah resmi dibuka. Program TMMD yang secara fisik melakukan  pengerjaan sasaran proyek yang diprioritaskan pada peningkatan prasarana wilayah berupa infrastruktur, fasilitas umum dan sosial yang menyentuh langsung pada kehidupan masyarakat.

Sebuah pertanyaan penting untuk dikemukakan, masihkan TMMD punya nilai manfaat disaat negara ini sudah memasuki era baru yang dinamakan reformasi dalam membangun hubungan komunikasi yang sehat antara rakyat dengan TNI.

Potret buram tentang masih adanya kondisi wilayah yang secara ideal belum tersentuh pembangunan dalam memperbaiki taraf hidup dan kesejahteraan masyarakatnya secara keseluruhan, merupakan salah satu cermin kegagalan negara dalam melakukan pemerataan pembangunan.

Argumentasi penyebab kegagalan itu, tentu banyak sebab yang bisa dicari, namun adalah kurang pas kalau hanya malah saling tuding menuding, dengan prasangka positif dapat dikatakan bahwa negara dalam satu sisi memang banyak mengalami keterbatasan baik dari segi pembiayaan pembangunan maupun alat peralatan yang minim.

"Dalam mengejar sebuah ketertinggalan itu, tentu butuh kesadaran dan partisipasi semua komponen bangsa untuk saling bahu membahu membantu tugas negara dan pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan,". ujar Kapten Arm Eko Setio Budi.

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.