Wasbang Dan Bela Negara Sebagai Modal Dasar Masyarakat Untuk Menjaga Keutuhan NKRI


KENDAL - Warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta berkewajiban untuk membela negaranya bila diperlukan. Dengan dasar itu bertempat di balai Desa Laban Kecamatan Kangkung menyelenggarakan sosialisasi dan pemahaman permasalahan yang timbul di masyarakat dengan narasumber Danramil 03/Pegandon Kapten Inf Heri Martono. Selasa (10/10).

Selaku narasumber Kapten Inf Heri Martono menyampaikan, materi peran Wasbang dan bela negara sebagai modal dasar masyarakat Desa Laban untuk membantu menjaga keutuhan wilayah NKRI, berdasarkan pengertian upaya bela Negara.

"Apakah kita pernah ikut serta dalam usaha pembelaan negara? Apabila kita pernah ikut serta menjaga wilayah negara termasuk wilayah lingkungan sekitar dari gangguan atau ancaman yang membahayakan keselamatan bangsa dan Negara, berarti kita sudah berpartisipasi dalam usaha pembelaan negara. Sikap hormat bendera merah putih, lagu kebangsaan dan menolak campur tangan pihak asing terhadap kedaulatan NKRI juga menunjukkan suatu sikap dalam usaha pembelaan Negara," paparnya.

Beberapa contoh bela negara dalam kehidupan sehari-hari diantaranya, menciptakan suasana rukun, damai, dan aman dalam masyarakat, menjaga keamanan kampung secara bersama-sama dan mematuhi peraturan hukum yang berlaku.

Selain itu disampaikan pula perspektif ancaman bangsa Indonesia di masa mendatang, dalam penjelasannya dikatakan kita jangan mudah terprovokasi dalam menyikapi situasi politik yang berkembang, yang dapat menyebabkan perpecahan dengan bangsa sendiri.

"Perspektif ancaman bangsa indonesia dimasa mendatang apabila tidak dikelola dengan baik, maka bangsa Indonesia bisa bernasib seperti beberapa negara Arab yang mengalami konflik atau perang saudara, ada beberapa perspektif ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia dimasa mendatang," lanjutnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.