Babinsa Kodim 0715/Kendal Binsiap Apwil dan Puanter


KENDAL - Sejumlah 118 anggota Kodim 0715/Kendal melaksanakan kegiatan pembinaan kesiapan aparat komando kewilayahan dan kemampuan teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan sebagai landasan peningkatan kemampuan prajurit yang profesional, kegiatan bertempat di aula Makodim 0715/Kendal, Kamis (30/11).

Dalam sambutannya Dandim 0715/Kendal Letkol Czi Hendro Edi Busono yang diwakili Pasiter Kapten Inf M. Subkhan mengatakan, "Pentingnya pembinaan ini kepada para Babinsa sebagai aparat kewilayahan agar nantinya bisa lebih memahami tugas dan fungsinya, sehingga tidak terjadi keraguan dalam melaksanakan tugas di lapangan. "Aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial agar memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam melaksanakan tugas," katanya.

Pada kesempatan ini Pasiter Kodim 0715/Kendal Kapten Inf M. Subkhan juga menghadirkan para pemateri yakni dari Dinas BPBD Kendal Bapak Slamet, dengan materi penanganan bencana alam, hal ini sebagai upaya penyegaran bagi para peserta Binsiap Apwil Puanter sebagai bentuk kerjasama dalam tanggap darurat mengingat peran TNI di lapangan masih sangat dibutuhkan masyarakat. Sebagai garda terdepan, Babinsa memiliki peran yang sangat fundamental sekaligus menjadi mata dan telinga satuan sekaligus mitra BPBD di lapangan, tidak sedikit informasi yang mampu diserap BPBD khususnya bidang kebencanaan dan perkembangan situasi di wilayah. Tentunya akan mempermudah dan memperlancar kesiapan Babinsa dalam menghadapi tugas-tugas kedepan.

Materi Binsiap Apwil dan Puanter yang diberikan dalam kegiatan ini di antaranya sikap tertorial, 5 kemampuan teritorial, metode binter, pengetahuan terorisme, dan pengetahuan bencana alam. Macam kegiatan yang dilaksanakan, yakni sosialisasi, penataran, pembekalan, belajar, dan berlatih, dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.