Kepeduliaan Babinsa dalam Membantu Masyarakat

 

Dalam kehidupan ini, mata merupakan indra yang sangat penting dalam menunjang setiap aktivitas. Namun sebagian besar dari kita terkadang mengabaikan pentingnya merawat mata dan lebih memilih memfokuskan pada penampilan fisik kita saja sehingga dari tahun ketahun penderita katarak  terus bertambah  karena kurangnya pengetahuan tentang kesehatan mata.

 

Melihat akan pentingnya hal ini, Babinsa koramil 16/Rowosari serka A.Bisri, merasa terpanggil untuk membantu warga di wilayah binaan untuk berobat secara gratis melalui program operasi katarak dalam rangka  peringatan  Hari kesehatan Nasional pada Rabu (15/11). Sebelum masuk ke pelaksanaan operasi, terlebih dahulu akan dilaksanakan pemeriksaan untuk menentukan tingkat kerusakan pada mata. Pelaksanaan Operasi katarak akan segera dilaksanakan apabila tingkat kerusakan pada mata sudah membutuhkan tindakan segera.


Pelaksanaan operasi Katarak, merupakan salah satu upaya yang dilaksanakan TNI AD dalam hal ini Kodim 0715/Kendal bekerja sama dengan Instansi Terkait guna membantu masyarakat yang aktifitasnya terganggu karena adanya katarak dimata. Tentunya hal seperti ini sangat berpengaruh dalam aktifitas untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.


" Dalam pelaksanaannya kami bekerja sama dengan Dr Yuni Widiastuti dari puskesmas Rowosari dalam menentukan atau memilih siapa saja yang layak untuk mengikuti operasi  yang akan diadakan Dirumah sakit Tentara di magelang, untuk tes awalnya sudah kita laksanakan, kita menunggu hasilnya dari dokter dan akan kita berangkatkan ke magelang guna tindakan selanjutnya ". tutur serka  A.Bisri.


Lebih lanjut Bisri mengatakan bahwa kegiatan ini selalu ada hampir tiap tahun guna menekan perkembangan penyakit katarak serta memberikan pendidikan kepada warga agar selalu merawat indera penglihatan mereka. " Jangan takut untuk berobat dan berkonsultasi ke puskesmas atau pun dokter terdekat, apabila merasakan terdapat kelainan pada matanya. Untuk wilayah  Kecamatan Rowosari tedaftar 30 orang dan semuanya adalah warga desa Gempolsewu, makanya kegiatan tes dilaksanakan dibalai desa Gempolsewu agar memudahkan masyarakat ". ungkapnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.