Siswa Diberi Wawasan Kebangsaan


 

KENDAL -Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 04/Weleri Kodim 0715/Kendal, Serka Agus Gunawan memberikan wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada ratusan siswa SMA 1 Weleri, Sabtu (13/1). Materinya tentang nilai-nilai Pancasila. Tujuanya supayapelajar mengetahui nilai- nilai Pancasila sebagai dasar negara republik Indonesia.

 

Dalam paparanya, Serka Agus Gunawan mengatakan, Sebagai putra putri Indonesia dan sekaligus siswa maka mengetahui tentang Pancasila serta mampu melaksanakan tugas belajar dengan baik agar mampu mewujudkan cita-cita  dann bermanfaat ilmunya. Terkait nilai-nilai Pancasila, bahwa bangsa Indonesia mempunyai dasar negara bukan jiplakan dari luar, melainkan asli Indonesia. Bahwa unsur-unsur Pancasila telah dimiliki bangsa Indonesia sejak dahulu.

 

"Unsur-unsur itu terdapat di dalam berbagai agama, kepercayaan, bahasa, adat istiadat dan kebudayaan. Sehingga berkembanglah pada masing-masing itu antara lain nilai moral, maka Pancasila mengandung nilai moral. Dengan kata lain, nilai-nilai Pancasila diungkapkan dalam dua nilai, yakni mempunyai kedudukan nilai, norma, danmoral dalam masyarakat dan nilai-nilai Pancasila sosial sosial budaya bangsa Indonesia," kata dia.

 

Sehingga dalam kesempatan itu, Babinsa Koramil 04/Weleri tersebut mengajak kepada siswa SMA 1 Weleri  sebagai generasi penerus bangsa agar selalu menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mengajak untuk menghayati empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang-Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebagai warga negara Indonesia yang merdeka siswa harus bisa mengisi kemerdekaan ini dengan mewujudkan serta membangun negara dengan melaksanakan/berbuat yang baik.

 

"Wujudnya dengan wujud belajar yang rajin, jangan membolos sekolah, sekolah tepat waktu, belajar disiplin dan mengajak berbuat yang terbaik dan tulus serta ikhlas. (nur)



Sumber : Radar Pekalongan (15/1-2018)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.