Tanam 1001 Pohon Di Gunung Ungaran


Danramil 14/Limbangan Kapten Inf Ngadiono beserta anggotanya kembali naik gunung Ungaran Dalam rangka usaha melakukan penghijauan, ratusan pecinta alam dan pendaki gunung menggelar gerakan penanaman 1001 pohon yang dihadiri oleh Bupati Kendal Dr.Mirna Anisa. Kegiatan tersebut dilakukan di lereng gunung ungaran, wilayah Desa Ngesrepbalong Kecamatan Limbangan, Minggu (11/2).

Dalam acara itu, satu pendaki minimal menaman satu pohon. Penanaman sendiri dimulai dari jalur pendakian lereng Mawar dan Promasan Medini.

Bupati Kendal dalam sambutannya menyampaikan."Kita harus lestarikan alam Khususnya untuk kawasan lereng Mawar dan Promasan yang merupakan daerah tangkapan air dan penopang kebutuhan air mineral utama untuk wilayah Kendal, Kabupaten Semarang dan Kota Semarang," jelasnya.

Sebagai sumber air penting, lereng Gunung Ungaran harus dijaga lewat upaya konservasi dan pelestarian lingkungan untuk menjaga cadangan air sebagai kebutuhan hidup masyarakat.

Tidak hanya itu Bupati Kendalpun Menulis kata-kata mutiara di papan prasasti untuk dikenang yang bertuliskan."-Kasih sayang tulus untuk Alam- Menanam adalah cikal bakal lahir dan tumbuh sebuah bibit untuk menjadi pohon yang hebat."

"Ini wujud peran kami kepada negeri, khususnya di bidang pelestarian lingkungan," demikian menurut Danramil 14/Limbangan Kapten Inf Ngadiono. Selain itu, kegiatan tersebut disebut Kapten Inf Ngadiono juga untuk meningkatkan kemampuan mental, disiplin serta kebersamaan dalam batas kemanusiaan yang merupakan jati diri para pecinta alam.Sebab lereng gunung ini harus dirawat untuk nempertahanan Gunung Ungaran, setidaknya agar tidak menimbulkan bencana longsor pada musim hujan seperti ini," tandasnya.

Jenis pohon yang ditanam merupakan pohon endemik gunung. Seperti pohon puspa, beringin, pinus, cemoro gunung dan akasia. Penanaman tersebut memang sengaja bertepatan dengan musim hujan agar memudahkan perawatan pohon-pohon tersebut.

Peserta tanam 1001 pohon berasal dari berbagai organisasi  sosial. Yakni Koramil 14/Limbangan,Polsek Limbangan, Kendal Peduli, Ungaran Peduli, IOF Pengda Jawa Tengah, KPG, BAKOPPAK, SAKPALA dan RESOPALA serta masyarakat berlatar belakang berbagi profesi dan golongan yang memiliki satu visi yang sama.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.