NILAI DAN MAKNA UPACARA BENDERA



 

Kendal 19-03-18,Upacara bendera yang diadakan rutin setiap tanggal 17 dalam satu bulan TNI anggota Kodim 0715/Kendal bersama ASN  dan anggota Minvetcad Kendal melaksanakan upacara Bendera. Sekilas kita hanya mengetahui upacara sebagai sarana untuk mengenang jasa pahlawan saja, namun disana terdapat nilai kedisplinan dan ketegasan sebagai fondasi untuk membangun nasionalisme Indonesia.

Upacara bendera juga sebagai salah satu cara menanamkan sikap cinta tanah air dan menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur melalui acara mengheningkan cipta. Melalui upacara bendera penghargaan atas perjuangan para pahlawan terhadap bangsa ini semakin membukakan mata bahwa, bendera yang kita miliki bukan hanya benda tanpa makna.

Upacara bendera setiap hari Senin ini berguna untuk mempertebal rasa persaudaraan, dan rasa nasionalisme. Karena nilai yang terkandung dalam upacara bendera mencakup beberapa hal, di antaranya : a) membiasakan anggota bersikap tertib dan disiplin, b) membiasakan anggota berpenampilan rapi, c) meningkatkan kemampuan memimpin, d) membiasakan kesediaan memimpin, e) membuat anggota  patuh pada aturan, f) dan menanamkan tanggungjawab. Mengetahui tata cara menghormati bendera di mana saat pelaksanaan upacara peserta upacara tidak boleh berbicara, konsentrasi dalam menghayati jalannya upacara sambil mengingat perjuangan para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia, adalah salah satu sikap patuh terhadap aturan yang berlaku. Dalam upacara tersebaut Letkol CZI Hendro Edi Busono(Dandim 0715/Kendal) Sebagai Irup dan Kapten Inf M Subkhan sebai Komandan upacara.(Satu nama Pendim 0715).


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.