Respon Cepat Babinsa Dan Warga Atasi Tanggul Longsor

 

Longsor ancam rumah warga, Tanggul sungai atau plengsengan irigasi di Desa Nawangsarisari Rt. 08 Rw. 02 Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal yang hanyut terbawa derasnya air, mulai mengancam pemukiman warga yang berada disekitar irigasi tersebut.

Merespon hal ini, warga yang dipimpin Kepala Desa Nawangsari Bapak Muhammad Ali Ridho bersama Babinsa Koramil 04/Weleri Kodim 0715/Kendal Serka Arif Budi Wahono, melaksanakan kerja bhakti berupa pemasangan tiang patok untuk pembatas material karung yang diisi dengan tanah untuk memperbaiki talut penahan irigasi kemudian selanjutnya akan dibuat talut permanen.

"Kegiatan pengumpulan material ini akan dilakukan oleh warga kami setiap hari secara bergiliran, dengan dibantu oleh anggota Koramil 04/Weleri, sampai material mencukupi untuk dilakukan pembuatan talut permanen," ungkap Kades Nawangsari Muhammad Ali Ridho.

Sementara menurut Babinsa Nawangsari, Serka Arif Budi Wahono, Plengsengan atau tanggul irigasi yang longsor akibat tingginya curah hujan dan derasnya aliran sungai mengancam beberapa pemukiman warga yang tepat berada diatas talut irigasi.

"Kami selaku Babinsa harus respon cepat menyikapi dan mengatasi pertama persoalan ini, sambil menunggu bantuan dari pihak terkait datang, salah satunya dengan pelibatan dan pengerahan massa warga setempat guna mengumpulkan material batu yang nantinya akan dipergunakan untuk pembuatan talut permanen," ungkapnya.

Tindakan antisipasi yang dilaksanakan dengan memanfaatkan karung yang berisikan tanah dan dijadikan sebagai pengganti tanggul yang sudah terbawa air bertujuan agar menahan tanah yang masih ada sehingga tidak terkikis terbawa aliran air sambil menunggu kelengkapan material untuk memperbaiki kembali saluran tersebut.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.