Latihan Posko I Sebagai Kegiatan Pendukung OMSP



 

Pelaksanaan Latihan Posko I Kodim 0715/Kendal Korem 073/Makutarama yang diselenggarakan mulai hari Selasa (10/4) sampai dengan hari Kamis (12/4) telah memasuki hari kedua, Rabu(11/4).


Kegiatan Latihan Posko I yang dilaksanakan dihalaman Makodim 0715/Kendal tersebut mengangkat tema "Kodim 0715/Kendal bersama Komponen Bangsa di Wilayah Membantu Pemerintah Daerah Dalam Menanggulangi Bencana Alam, Pengungsian dan Pemberian Bantuan Kemanusiaan Dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP)".


Sedangkan Tugas Pokok yang dilaksanakan adalah melaksanakan operasi penanggulangan bencana akibat banjir pada situasi tanggap darurat mulai hari "H" jam "J" selama 14 hari diwilayah Kodim 0715/Kendal melaksanakan pencarian, penyelamatan korban dan evakuasi, pengungsian, perawatan, menerima serta menyalurkan bantuan kemanusiaan dalam rangka mendukung operasi penanggulangan bencana alam BPBD Kabupaten Kendal, beralih ke operasi selanjutnya atas perintah.  


Seperti sudah diberitakan sebelumnya, Kegiatan Latihan Posko I dibuka langsung oleh Danrem 073/Mkt Kolonel Inf Joni Pardede. Yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa latihan Posko I bukan hanya sebagai ajang menguji dan mengelola kemampuan operasional, tetapi juga menjadi kebutuhan penting. "Terutama dihadapkan dengan tantangan tugas ke depan yang kita yakini akan semakin berat dan kompleks," kata dia.


Danrem juga berpesan agar peserta latihan bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan penuh kesungguhan, sehingga sasaran latihan akan tercapai secara maksimal. Kuasai dan pahami tugas pokok, sebab dengan menguasai tugas pokok maka akan dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan hasil yang optomal.


Kepada penyelenggara dan pengawas, pengendali dan penilai serta pelaku Danrem mengingatkan agar selalu memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan baik personel maupun materiil selama melaksanakan latihan. "Lakukan evaluasi kegiatan. Sehingga segala kekuranganya dapat segera dibenahi dan dilatihkan kembali sampai benar-benar dikuasai dan sekaligus sebagai bahan perbaikan dalam latihan yang akan datang," pungkas dia.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.