Manfaatkan Pekarangan, Koramil 04/Weleri Tanam Cabai



 

WELERI - Selesai melaksanakan apel pagi, anggota Koramil 04/Weleri Dim 0715/Kendal melanjutkan kegiatan dengan melakukan penanaman cabai di Makoramil dengan menggunakan  Polybag. Penanaman langsung di pimpin oleh Danramill Kapten Cba Sumardi, Kamis (06/04)


Danramil 0715-04/Weleri, Kapten Cba Sumardi mengatakan, "Sebelum penanaman bibit cabai, terlebih dahulu disiapkan pupuk organik yang dicampur dengan tanah dan selanjutnya siap untuk dimasukan ke Polybag.   Penanaman cabai tersebut menurutnya dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari oleh anggota Koramil 04/Weleri. Anggota melaksanakan pengisian polybag, nantinya polybag ini akan di tata rapi di Makoramil 04/Weleri,"ujarnya.   


Dijelaskannya, cabai rawit merupakan salah satu jenis sayuran yang harganya kadang mahal dan terkadang juga murah.  Ketika harga murah mungkin tidak ada masalah dengan pengeluaran untuk membeli cabai rawit. Tetapi ketika harganya menjulang hingga 200 ribu perkilo, cabai rawit rasanya menjadi barang langka yang lebih mahal dari daging.


Selain itu juga untuk bertujuan menghijaukan pekarangan kantor koramil, hal semacam ini juga merupakan sarana sebagai pembirian contoh dan motivasi terutama kepada ibu-ibu untuk mau berusaha paling tidak untuk meringankan beban ekonomi dengan menanam sendiri dipekarangan dengan media tanam seadanya.


Perawatan tanaman cabe tidak sulit. Selain hemat tempat, juga mudah digeser sehingga terhindar dari banjir atau tertularnya hama penyakit. Keuntungan lainnya menggunakan Polibag adalah biayanya lebih murah, dibandingkan pot maupun tanah dilahan kebun. Sehingga pengawasan tiap tanaman lebih jelas dan nutrisi yang diberikan dapat langsung diserap akar tanaman.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.